Pengurus Pusat Jam’iyyatul Qurra wal Huffazh Buka Kursus Qira’at Gratis

Jakarta, NU Online, Jumat, 5 Januari 2007 16:06. Bagi Anda yang ingin belajar qiroat atau seni baca Alquran, tak perlu bingung. Pasalnya, Jam’iyatul Qurro wal Huffazh (JQH)—lembaga di bawah Nahdlatul Ulama yang membidangi seni baca Alquran, tajwid, tafsir, dan tahfidz—mulai pertengahan Januari mendatang akan menyelenggarakan kursus qiroat gratis.

“Ini (kursus qiroat: Red) dilakukan untuk mencari ‘bibit’ qori (pembaca Alquran laki-laki) dan qoriah (pembaca Alquran perempuan) baru,” terang Sekretaris Pengurus Pusat JQH Ahmad Mustafid kepada NU Online di Kantor PBNU, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Kursus tersebut, katanya, merupakan kesempatan baik bagi siapapun yang tertarik mempelajari dan bahkan memperdalam ilmu seni baca Alquran yang merupakan salah satu tradisi kalangan nahdliyin itu. Karena, selain tak dipungut biaya, kursus tersebut langsung diasuh oleh para qori dan qoriah tingkat nasional yang dimiliki NU.

Di kalangan para pecinta seni baca Alquran, nama Muammar ZA, tentu sudah tidak asing lagi. Juara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat internasional itu akan mengasuh langsung kursus tersebut. Selain itu, qori dan qoriah tingkat internasional yang lain seperti, Maria Ulfa, Muhamad Ali dan Saifudin Muhamad juga akan bergabung.

Mustafid mengatakan, kursus yang akan digelar setiap Sabtu sore tersebut memang terbuka untuk umum. Namun, katanya, lebih diutamakan bagi kalangan anak-anak dan remaja. “Karena tujuannya mencari bibit baru, maka diprioritaskan yang muda-muda. Tapi tidak tertutup bagi orang-orang tua juga,” ungkapnya.

Selain pelajaran qiroat, imbuh Mustafid, kursus tersebut juga dirangkai dengan seni lukis kaligrafi dan hafalan Alquran. Para pengajarnya pun diambil dari para seniman kaligrafi yang sudah mempunyai nama di tingkat nasional. “Ada Ahmad Tholabi Kharlie dan Abdul Azis Asmuni,” ujarnya.

Namun demikian, lanjutnya, demi efektitivitas dan efisiensi, maka setiap kelas dalam kursus tersebut hanya dibatasi sebanyak 50 orang saja. Bagi yang berminat, silakan mendaftar langsung ke Sekretariat PP JQH, di gedung PBNU lantai 4, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat. (rif)

9 Tanggapan

  1. Mas apakah program ini masih ada…
    Tolong dong infonya,,,,,

  2. Assalammualaikum … saya berminat sekali cuma ga ada yang ngajarin … sekalian cari faedah nya … masih bisa tidak untuk yang benar-benar pemula …

  3. info dan alamatnya tempat latihannya doongg

  4. saya berminat untuk belajar membaca Al-Qura, dulu saya pernah belajar, tapi sekarang sudah lupa
    bisa info alamatnya? terima kasih

  5. asslamu’alaikum..
    saya berminat dan pngen dari dulu memelajari qiro’at tapi sampai skrng blom pernah terlaksana,
    apa sekarang masih berjalan kursus qiro’atnya.??

    wassalam.

  6. Assalamual’aikum,
    Mohon petunjuknya, anak saya mempunyai talenta untuk menjadi qori namanya Adrian Ilham, setelah beliau lancar dalam membaca Alquran saat ini saya berniat meneruskannya untuk mempelajari seni membaca alquran, sebagai refrensi beliau adalah Muadzin cilik di Trans 7 selama 3tahun berturut-turut, kami tinggal di Kebon Jeruk jakarta barat,…sekali lagi saya bermohon untuk infonya, apa yang harus saya lakukan?…..

  7. di daerah semarang ada gak?

    kalau ada tolong kasih alamat lengkapnya dong?

  8. assalamualaikum. pak kyai… mhn dikirim sdm qori & hafizh ke msjd besar rengasdengklok untuk imam jumat dan guru qiroat/tahfizh. wassalam. uus qustholani. ketua dkm.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: